Halaman

Kamis, 21 September 2017

Manfaat Daun Sirsak


Sirsak dan nama lainnya yang mungkin anda kenal di daerah anda.

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.). Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa, sirsat (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang).

Bentuk pohon, buah dan daun Sirsak.

buah sirsak untuk pengobatan kanker manfaat buah sirsak untuk kanker payudara manfaat buah sirsak untuk kanker serviks manfaat buah sirsak untuk kanker rahim manfaat buah sirsak buat kanker buah sirsak untuk obat kanker khasiat buah sirsak sebagai obat kanker buah sirsak untuk obat penyembuh kanker cara mengolah buah sirsak untuk obat kanker proposal penelitian daun buah sirsak sebagai obat kanker buah sirsak untuk mengobati kanker manfaat buah sirsak sebagai obat kanker
Buah dan daun sirsak



cara mengolah daun sirsak untuk pengobatan kanker payudara cara pembuatan daun sirsak untuk obat kanker payudara cara mengolah daun sirsak untuk mengobati tumor payudara cara pengolahan daun sirsak sebagai obat kanker payudara cara membuat ramuan dari daun sirsak untuk obat kanker apakah buah sirsak dapat mengobati kanker
Buah sirsak

buah sirsak untuk pengobatan kanker manfaat buah sirsak untuk kanker payudara manfaat buah sirsak untuk kanker serviks manfaat buah sirsak untuk kanker rahim manfaat buah sirsak buat kanker buah sirsak untuk obat kanker khasiat buah sirsak sebagai obat kanker buah sirsak untuk obat penyembuh kanker cara mengolah buah sirsak untuk obat kanker proposal penelitian daun buah sirsak sebagai obat kanker buah sirsak untuk mengobati kanker manfaat buah sirsak sebagai obat kanker
Buah dan daun sirsak

cara mengolah daun sirsak untuk pengobatan kanker payudara cara pembuatan daun sirsak untuk obat kanker payudara cara mengolah daun sirsak untuk mengobati tumor payudara cara pengolahan daun sirsak sebagai obat kanker payudara cara membuat ramuan dari daun sirsak untuk obat kanker apakah buah sirsak dapat mengobati kanker
Calon buah sirsak

Daun sirsak

Pohon sirsak
Nah, sirsak yang saya maksud seperti gambar diatas.

Dalam upaya penyembuhan kanker, banyak orang beralih ke pengobatan alternatif . sirsak, meski dipelajari selama puluhan tahun, memiliki reputasi sebagai obat alami untuk penyakit mematikan tersebut. Tapi apa kata ilmu pengetahuan modern tentang hal ini? Baca terus untuk mengetahui kebenaran di balik sirsak dan potensi melawan kankernya.

Apa itu buah sirsak?

sirsak ( Annona muricata ) adalah pohon hutan yang memiliki beberapa nama, termasuk sirsak, guanabana, custard apple atau cakar kaki Brasil, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.). Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa, sirsat (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang). Memiliki daun hijau tua mengilap dengan buah berwarna hijau berbentuk hati yang berwarna putih di bagian dalam. Daging buahnya manis memiliki cita rasa yang khas, membuatnya layak untuk dibuat jus, permen, dodol dan minuman dingin. Secara tradisional daun dan batangnya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk gejala yang berhubungan dengan peradangan dan infeksi.



Menurut MedIndia , teh yang dibuat dari daun sirsak telah lama digunakan di wilayah Amazon untuk mengobati penyakit hati dan perut. Ramuan yang terbuat dari kulit kayu, daun dan akar sirsak digunakan sebagai obat penenang dan antispasmodik untuk menenangkan saraf. Bisa juga digunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Tapi salah satu klaim yang paling menarik tentang sirsak adalah bahwa tanaman ini adalah obat yang bisa menyembuhkan kanker.

Para ilmuwan telah mempelajari senyawa aktif dan bahan kimia dalam sirsak sejak 1940-an. Sebenarnya, sebagian besar penelitian tentang sirsak berfokus pada bahan kimia yang disebut annonaceous acetogenins yang memiliki sifat anti-tumor. Penelitian menunjukkan bahwa zat ini dapat menghancurkan sel ganas pada 12 jenis kanker yang berbeda termasuk kanker prostat, payudara, paru-paru, usus besar dan bahkan pankreas.

Buah sirsak untuk kanker pankreas

Tumor pankreas, misalnya, tahan terhadap kemoterapi konvensional, oleh karena itu kanker pankreas memiliki tingkat kematian tertinggi dibandingkan semua kanker besar lainnya. Nah, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Letters menunjukkan bahwa ekstrak sirsak yang mengandung acetogenins mencegah banyak jalur sinyal yang mengatur metabolisme, siklus sel, kelangsungan hidup dan sifat metastatik pada sel pankreas. Hal ini menyebabkan penurunan pertumbuhan tumor. Dan itu menunjukkan potensi besar dalam memerangi kanker pankreas.

sirsak mungkin lebih efektif daripada kemoterapi

Sebuah penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam European Journal of Pharmaceutical and Medical Research mengklaim, "Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi." Faktanya, penelitian ini terus menunjukkan bukti bahwa buah ini 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel kanker.

Sementara itu, sebuah studi yang lebih tua dari Universitas Purdue yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Chemistry juga menunjukkan bahwa senyawa buah sirsak yang diuji pada sel kanker payudara lebih efektif daripada kemoterapi dalam menghancurkan sel.

Beberapa ahli berhati-hati terhadap penggunaan sirsak

Pusat Pengobatan Kanker Amerika memperingatkan agar tidak menggunakan buah tersebut untuk mengobati kanker karena tidak memiliki percobaan terhadap manusia. Tapi, secara realistis, senyawa utama (acetogenin) yang menunjukkan begitu banyak janji penyembuhan kanker mungkin tidak akan pernah dipelajari pada manusia karena sifat beracunnya. Bila digunakan secara oral, sirsak dianggap tidak aman, karena penelitian menunjukkan bahwa zat yang berasal dari sirsak dapat merusak sel saraf dan menyebabkan efek samping neurologis mirip dengan penyakit Parkinson.

Menurut sebuah studi kasus kontrol di Prancis, 22 pasien dari 87 menderita penyakit Parkinson, yang diyakini telah berkembang dari minum teh yang dibuat dari daun pohon sirsak. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa teh yang dibuat dari daun dan batang sirsak mungkin terkait dengan neurotoksisitas [ keracunan saraf ]. Dan lagi, penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Neurochemistry menunjukkan bahwa paparan sistemik yang kronis dari ekstrak utama sirsak (annonacin) terhadap tikus menghasilkan neurodegenerasi di otak.

Memorial Sloan Cancer Center (MSCC) setuju bahwa ekstrak sirsak dapat efektif melawan beberapa virus, bakteri dan parasit dalam tabung reaksi, dan bahwa penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa sirsak efektif terhadap beberapa jenis sel kanker. Namun, mungkin sulit bagi siapa pun yang berpikir untuk mengkonsumsi sirsak untuk melewati studi yang menyarankan hal itu dapat menyebabkan penyakit Parkinson. Selain itu, ada juga efek samping yang perlu dipertimbangkan.

Efek samping dari sirsak

Banyak manfaat kesehatan dari sirsak diperkirakan berasal dari antioksidan, anti-inflamasi, antimikroba dan efek antiviralnya. Sebelum mengkonsumsi sirsak, penting untuk dipahami bahwa sirsak juga memiliki beberapa efek samping. Karena tanaman tersebut belum diteliti secara klinis pada manusia, sulit untuk menentukan seberapa besar pengaruh sirsak pada tubuh.

Penderita yang harus menghindari sirsak

Jangan mengkonsumsi sirsak jika Anda:

    Mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi atau obat diabetes, karena sirsak dapat meningkatkan efeknya.
    Memiliki penyakit hati atau ginjal, karena sirsak dapat menyebabkan toksisitas hati dan ginjal dengan penggunaan berulang.
    Memiliki jumlah trombosit yang rendah, karena sirsak dapat mengurangi jumlah trombosit.

Pengobatan alternatif untuk kanker

Meskipun sirsak mungkin menunjukkan potensi besar sebagai agen anti-kanker, belum ada uji klinis atau penelitian pada manusia. Sebagian besar penelitian mengenai manfaat kesehatannya telah dilakukan pada hewan percobaan. Jadi, penggunaan sirsak untuk pengobatan kanker tetap menjadi topik perdebatan. Namun, walaupun bukti klinis tidak memiliki uji coba manusia, sebuah studi farmakologi dari University of West Indies menemukan bahwa di beberapa negara Karibia, sirsak adalah salah satu obat herbal yang paling umum digunakan untuk mengobati pasien kanker prostat, payudara dan kolorektal.

Pencarian untuk pengobatan alternatif terhadap kanker telah berlangsung selama bertahun-tahun dan telah diperdebatkan dengan hangat. Meski banyak cara alami yang efektif untuk mengobati penyakit kanker menjadi berita utama, metode pengobatan alternatif ini seringkali hilang tersapu promo obat modern. Penting juga untuk menyadari bahwa banyak klaim dibuat tentang pengobatan alternatif yang mungkin tidak benar-benar ampuh bagi setiap orang.

Intinya begini: jika obat utama tidak memberikan harapan, dan dokter Anda memberi Anda lampu hijau, ada baiknyaanda mencoba pengobatan alternatif.

Bahan Bacaan:
http://www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/sirsak-natural-cancer-killer.htm

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22475682

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9207950?dopt=Abstract

http://www.cancercenter.com/discussions/blog/experts-caution-against-soursop/

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10440304?dopt=Abstract

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9848004?dopt=Abstract

http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1046/j.1471-4159.2003.02138.x/pdf

https://www.mskcc.org/cancer-care/integrative-medicine/herbs/sirsak

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27769229

https://books.google.co.id/books?id=t5tbDQAAQBAJ&pg=PT111&dq=benefits+of+soursop+leaves+for+health&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=benefits%20of%20soursop%20leaves%20for%20health&f=false

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4519917/

https://www.researchgate.net/profile/Rajendra_Dongre/publication/263586730_BIO-CHEMICAL_COMPOSITIONAL_ANALYSIS_OF_ANNONA_MURICATA_A_MIRACLE_FRUIT%27S_REVIEW/links/0046353b51e6cd9719000000/BIO-CHEMICAL-COMPOSITIONAL-ANALYSIS-OF-ANNONA-MURICATA-A-MIRACLE-FRUITS-REVIEW.pdf 

cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker manfaat buah sirsak untuk kanker buah sirsak kanker buah sirsak untuk kanker payudara buah sirsak anti kanker buah sirsak pencegah kanker buah sirsak penyembuh kanker manfaat buah sirsak kanker buah sirsak untuk kanker serviks buah sirsak sebagai obat kanker

buah sirsak untuk pengobatan kanker manfaat buah sirsak untuk kanker payudara manfaat buah sirsak untuk kanker serviks manfaat buah sirsak untuk kanker rahim manfaat buah sirsak buat kanker buah sirsak untuk obat kanker khasiat buah sirsak sebagai obat kanker buah sirsak untuk obat penyembuh kanker cara mengolah buah sirsak untuk obat kanker proposal penelitian daun buah sirsak sebagai obat kanker buah sirsak untuk mengobati kanker manfaat buah sirsak sebagai obat kanker

cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker serviks cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker otak cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker hati cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker servik cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker kelenjar getah bening cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker prostat cara pengolahan daun sirsak untuk pengobatan kanker payudara cara membuat ramuan daun sirsak untuk obat kanker cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker payudara cara mengolah daun sirsak untuk mengobati kanker serviks cara mengolah daun sirsak untuk obat tumor otak

cara mengolah daun sirsak untuk pengobatan kanker payudara cara pembuatan daun sirsak untuk obat kanker payudara cara mengolah daun sirsak untuk mengobati tumor payudara cara pengolahan daun sirsak sebagai obat kanker payudara cara membuat ramuan dari daun sirsak untuk obat kanker apakah buah sirsak dapat mengobati kanker

Tulisan Paling Populer di Agen LadyFem